Selasa, 06 Agustus 2013

12 TRIK JITU UNTUK MEMULAI SEBUAH USAHA



Kewirausahaan
12 Butir Memulai Usaha
1 .           Apakah bidang usaha yang akan digeluti itu cukup potensial ? Bagaimana prospeknya ?
·         Disina saya akan mencoba untuk menyusun butir – butir memulai  usaha di bidang jasa, yaitu membangun sebuah bengkel sepeda motor. Untuk prospek kedepannya, seperti yang kita tau bahwa di masa sekarang ini banyak sekali perkembangan alat - alat transportsi, salah satunya adalah sepeda motor.Sepeda motor tidak selamanya tetap dalam keadaan bagus, pasti akan menglami kerusakan. Nah disinilah waktunya bengkel berperan, yaitu untuk memperbaikinya. Jadi untuk prospek kedepannya, bisa dibilang cukup menjanjikan.
2 .           Seberapa ketat persaingannya ? Siapa kira – kira yang akan jadi pesaing usaha tersebut ? Bagaimana cara menghadapinya ?
·         Untuk saat ini persaingan di bidang usaha ini bisa di bilang cukup ketat juga, karena untuk saat ini  sudah banyak sekali bengkel – bengkel sepeda motor yang sudah berdiri. Disini yang menjadi pesaing paling berat adalah bengkel- bengkel yang sudah lama berdiri, yang tentunya sudah mendapatkan kepercayaan dari para pasiennya. Salah satunya adalah deler – deler resmi,yang sudah lma berdiri. Untuk menghadapi hal tersebut,  disini diperlukan usaha yang benar – benar kuat, berbekal dengan kemampuan yang kita miliki, dengan kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk meyakinkan para pasien bahwa usaha yang kita dirikan adalah usaha yang benar – benar menguntungkan bagi para pasien, munkin kita bisa bersaing dengan yang lainnya.
3 .           Apa target usaha tersebut ? Bagai mana cara untuk meraih nya ?
·         Setiap bidang usaha yang didirikan tujuannya semua sama, yaitu untuk meraih sebuah keuntungan,dan memberikan kepuasan bagi para pasien atau konsumen.Untuk mencapai hal tersebut, tentunya kita perlu untuk mencari pelanggan sebanyak – banyak nya, tentunya dengan bekal kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan.
4 .           Dari segi hukum , apa yang perlu disiapkan ? Apasaja yang jadi penghalangnya ?
·         Mungkin  Kalok dari segi hukum, yang perlu disiapkan yaitu tempat untuk mendirikan usaha,yang tidak membuat warga masarakat mersa terganggu.yang jadi penghalangnya mungkin, susah untuk mendapatkan izin dari masarakat setempat. Karena yang namanya bengkel selalu didirikan ditempat yang rame.
5 .           Apa nama usaha ( perusahaan tersebut ) itu ?
·         Mungkin kalok soal nama tidak terlalu tergantung oleh suatu hal, kita bisa memberikan nama,terserah kita, misalnya : metro motor,sumber motor dan lain – lain.
6 .           Berapa dana yang di butuhkan ? bagai mana memenuhinya  ?
·         Untuk  soal dana munkin tidak terlalau membutuhkan yang begitu banyak,cukup untuk sekedal membeli alat – alat saja,  karna ini adalah usaha di bidang jasa, jadi yang perlu dikembangkan adalah keterampilan. Untuk modal awal mungkin kita bisa minta tolong sama orang tua terlbih dahulu,atau bisa pinjem di bang terlbih dahulu,kalou punya tabungan itu mungkin lebih baik lebih baik.
7 .           Dimana usaha tersebut akan di jalankan ? Apakah sudah mempersiapkan kantornya ?
·         Untuk soal tempat, berhubung sekarang lagi di jogja jadinya ,mngkin akan kita dirikan di jogja. Untuk soal  gedung atau kantor, karna ini adalah sebuah bengkel,jdi tidak terlalu banyak membutuhkan tempat dan bangunan,cukup untuk sekedar tempat parkir,beberapa kendaraan.
8 .           Sarana atau peralatan apa   yang dibutuhkan ? Bagaimana mendapatkannya ?


·         Untuk sarana munkin, kita bisa buat bangunan sederhana,tapi yang efisien,dan alat – alat yang diperlukan juga tidak terlalu sulit didapatkan,misalnya konci – konci yang akan di pakai buat bongkar pasang, bahan itu bisa kita dapatkan dengan mudah, karena di sekitar lingkungan kita, banyak sekali yang di jual.
9 .           Apa tersedia asuransi yang memadai ?
·         Untuk soal asuransi yang memadai, mungkin belum bisa kita wujudkan dalam waktu esingkat mungkin, karena usaha yang akan kia drikan ini tidak begitu besar, seperti deler – deler resmi.tapi kita akan coba untuk meujudkan hal tersebut,namun dalam jangka waktu yang agak lama.yang kita utamakan adalah pelayanan terlebih dahulu.
10 .         Apakah anda sudah memiliki suplier atau pemasok bahan baku ?
·         Untuk soal supelir, karena ini adalah usaha di bidang jasa, jdi disini yang jadi sopelir adalah para pelanggan kita.dan itu tidak perlu kita cari,karna akan ada langsung di lapangan.
11 .         Sistem manajemen seperti apa yang akan diterapkan ? Siapa yang akan menjalankan oprasional usaha sehari – hari ? Berapa kariawan yang dibutuhkan ?
·         Sistem manajemen yang akan dijalani mungkin tidak akan jauh berbeda dengan bengkel - bengkel yang lain, yaitu akan dipimpin oleh seorang bos,dan dijalankan oleh beberapa kariawan,untuk kariawan kita bisa dpatkan dari orang – orang yang tamat dari STM atau kita pasang papan pengumuman,mencari orang yang ahli di bidang otomotif, untuk jumlahnya, cukup dua orang mekanik dan dua orang teknisi.
12 .         Bagaimana pemasaran dan sistem distribusi produk atau jasa yang akan dihasilkan ?Bagaimana agar masarakat mengenal produk atau jasa yang akan dipasarkan ?
·         Untuk pemasaran yang akan di gunakan,karena ini masih baru, jadinya kita akan melalui tahap promosi,kita memberikan keringanan, atau bonus – bonus bagi pelanggan yang menggunakan jasa kita. Hal ini mungkin akan membuat para pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa kita, jadi usaha jasa yang kita dirikan ini akan cepat di kenal oleh para pelanggan.Disinilah peran penting para kariawan untuk bekerja ekstra keras untuk memberikan pelayanan agar para pelanggan merasa puas denan pelayanan yang kita berikan.


Demikian kiranya hal – hal yang mungkin kita akan lalui dalam memulai usaha baru. Sederet pernyataan -pernyataan di atas jikalau kiranya ada yang kurang atau tidak pas, dengan penuh rasa hormat saya selaku penyusun nya, akan menerima kritik dan saran dari segala pihak.
Penyusun

MHD. SYUKUR
     08050008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar